Kamis, 22 Januari 2015

semua akan gila pada waktunya

diceritakan tentang seorang imam mesjid di sebuah kampung yang masyarakatnya tidak pernah sholat berjamaah di mesjid.

suatu ketika, imam tersebut mengumandangkan adzan tepat pada pukul 10 malam. mendengar waktu adzan yang ganjil itu, seluruh masyarakat berbondong-bondong mendatangi mesjid.

semua yang datang pada waktu itu memprotes kelakuan sang imam mesjid yang adzan tidak pada waktunya

maka terjadilah pertengkaran diantara mereka, ada yang menganggap bahwa sang imam sudah pikun sehingga tidak tahu lagi dengan waktu, ada yang menganggap sudah sesat, bahkan salah seorang dari mereka menganggap sang imam sudah Gila.

ia berkata seraya sambil menghardik... hey imam, kenapa kau kumandangkan adzan jam 10 malam, apakah kamu sudah gila ? yang lain juga bersorak-sorak menganggapi, sesat, pikun...bersahut-sahutan didepan sang imam tersebut.

Dengan tenang imam tersebut menjawab, tadi tepat pada saat waktu adzan isya sama dengan adzan sebelumnya, kamaren, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lalu saat saya kumandangkan adzan tepat pada saat masuknya waktu shalat, tak ada satupun diantara kalian yang mau datang kemesjid untuk sholat berjamaah.... sekarang, saat saya tidak adzan pada waktunya, kalian beramai-ramai datang kemesjid, jadi siapa sebenarnya yang pikun, siapa yang sesat dan siapa yang gila ?

seketika itu juga suasana mendadak hening, perlahan mereka meninggalkan mesjid sambil tertunduk malu.

0 komentar:

Posting Komentar